728 x 90

Bina Marga Langsung Tanggulangi Tanah Longsor di Gunung Seha Landak

Bina Marga Langsung Tanggulangi Tanah Longsor  di Gunung Seha Landak

Kabid Bina Marga Ir. Anugrah Rachmanto, MT mengarahkan pekerja untuk perbaikan tebing longsor di Gunung Seha (10/7/2017).

Pekerja sedang memperbaiki saluran air penyebab longsor.

Longsor berada di kawasan padat lalu lintas di gunung seha.

Landak - Tingginya curah hujan yang terjadi disekitar Kabupaten Landak pada Minggu (9/7/2017) sore hingga malam hari, mengakibatkan tanah menjadi longsor di Gunung Seha, Kecamatan Sengah Temila.

Meski tidak ada korban jiwa dan kerugian materil, namun jalan Gunung Seha yang merupakan akses menuju Pontianak-Ngabang. Dikarenakan tanah yang longsor yang memakan bahu jalan.

Namun dengan kesigapan Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Provinsi Kalimantan Barat dengan cepat menanggulangi tanah yang longsor nyaris memakan badan jalan tersebut .

Seperti yang disampaikan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang provinsi Kalimantan Barat, Ir. Anugrah Rachmanto, MT saat memimpin langsung penanganan longsor di lokasi, ”mendapat informasi dari warga, kami dari Bina marga langsung bergerak untuk menanggulangi longsor ini, di karenakan ruas jalan gunung Seha ini merupakan kawasan rawan longsor bila memasuki musim penghujan seperti saat ini".

seperti yang di sampaikan Kabid Binamarga, “kami langsung mengerahkan alat berat untuk membersihkan tebing dan membuka jalan alternatif, untuk mengantisipasi lalu lintas yang melewati titik longsor. Untuk longsoran sendiri, kita pasang dinding penahan tanah permanen sehingga longsoran pada bahu jalan ini tidak terjadi lagi”.pungkasnya.

"Saya selaku Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Barat mengerahkan jajaran saya untuk melakukan patroli rutin di ruas ruas jalan seluruh Provinsi Kalimantan Barat ini guna mengantisipasi longsor dan banjir, karena kondisi cuaca sudah memasuki musim penghujan dengan intensitas tinggi," ujarnya kepada Tim Meda Center Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam kesempatan ini Kepala Bidang Bina Marga ini mengingatkan para pengguna jalan dapat berhati – hati bila melewati jalan yang terjadi longsoran, dan dapat memperhatikan rambu rambu yang dipasang di pinggir jalan tersebut.

Media Center Dinas PUPR