728 x 90

Dinas PU Kalbar Ajak Pemda Mempawah Tinjau Rencana Lokasi Jembatan Kapuas 3

Dinas PU Kalbar Ajak Pemda Mempawah Tinjau Rencana  Lokasi Jembatan Kapuas 3

Foto: Peninjauan Lapangan Jembatan Kapuas 3 di desa Wajok hilir, Kecamatan Siantan, Selasa (29/03/2016).

Pemerintah Kalimantan Barat makin serius mempercepat pembangunan jembatan Kapuas 3. Keseriusan terlihat Dinas Pekerjaan Umum Kalbar dan Satker Perencanaan Pengawasan Jalan dan Jembatan Nasional  atau P2JN mengajak Pemerintah Daerah Kabupaten Mempawah meninjau langsung rencana lokasi jembatan Kapuas 3. Sekitar Jalan Raya Wajok Hilir, Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah Selasa (29/03/2016).

Peninjauan lapangan sendiri di hadiri Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ir. Jakius Sinyor beserta Kabid Bina Marga Ir. Anugrah Rachmanto, MT dan Kasatker P2JN, Irawan Daya Putera, ST,MM. serta  mengajak Pemerintah Kabupaten Mempawah yang di hadiri langsung Wakil Bupati Mempawah Gusti Ramlana beserta Staf.

Peninjauan rencana lokasi Jembatan Kapuas 3 di Wajok Hilir, Kecamatan Siantan ini merupakan wujud keseriusan pemerintah Daerah dalam rangka mempercepat pembangunan Jembatan Kapuas 3, penentuan titik lokasi di  Wajok Hilir Kecamatan ini setelah memalui beberapa tahapan perencanaan penyempurnaan Trase , baik Feasibility Study hingga Detail Engineering Design (DED).

Nantinya Jembatan Kapuas 3 ini menghubungkan Kabupaten Mempawah dan Kabupaten kubu raya dilanjutkan dengan Jalan Lingkar luar Kota Pontianak, Panjang total jembatan dan Jalan pendekat  karena melintasi di atas pulau muara Kapuas ± 3,759 kilometer, dengan bentang utama jembatan Kapuas 3 memiliki panjang ± 1,388 Kilometer, Jembatan Kapuas 3 di desain menggunakan konstruksi Cable Stayed. dan nantinya dapat menjadi ikon Kota Khatulistiwa.

Kabid Bina Marga Ir. Anugrah Rachmanto, MT, dalam peninjauan lapangan ini mengatakan “ dengan sudah direncanakan jembatan Kapuas 3 dan di barengi dengan rencana Jalan lingkar luar Kota Pontianak, berharap Bapedda Provinsi sudah bisa merencanakan master plane Lokasi Pengembangan wilayah baru di sekitar Jembatan Kapuas 3 dan Jalan lingkar luar Kota Pontianak, dengan menggunakan Gambar 3 Dimensi, sehingga kedepan pembangunan kawasan sekitar dapat tertata rapi, dan gambaran jelas terhadap tata ruang pengembangan kawasan, karena ini merupakan pembangunan jangka panjang, berharap siapapun pemimpin nantinya, kita harus komitmen dengan konsep pengembangan kawasan yang sudah kita sepakati bersama” Pungkasnya.

Wakil Bupati Mempawah Gusti Ramlana mengatakan “Pemda Kabupaten Mempawah sangat mendukung sepenuhnya pembangunan Jembatan Kapuas 3 dan Jalan Lingkar luar Kota Pontianak ini karena dengan dibangunnya Jembatan Kapuas 3 Kabupaten Mempawah dapat terakses langsung dengan Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak dan dalam waktu dekat Pemda Mempawah siap membantu Pemerintah Provinsi dalam pembebasan lahan” terangnya.

Kecamatan siantan ini dimana sekarang hanya menjadi daerah lintasan masyarakat dari dan ke Pontianak, kedepan dengan di bangunnya Jembatan Kapuas 3 ini menjadi tempat destinasi tujuan Masyarakat baik dari Kota Pontianak maupun Warga Dari Sejumlah kabupaten, Wakil Bupati mengatakan Pemda Mempawah juga akan merencanakan kawasan terpadu di Kecamatan Siantan ini, baik kawasan pemukiman, kawasan industri maupun kawasan wisata. Karena lokasi kecamatan Siantan ini wilayah perbatasan Kabupaten Mempawah dengan Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.

Media Center Dinas PU Kalbar