728 x 90

Dinas PU Provinsi mulai kerjakan Ruas Rawak hingga Nanga Taman dengan Program Multy Years Contract

Dinas PU Provinsi mulai kerjakan Ruas Rawak hingga Nanga Taman dengan Program Multy Years Contract
Dinas PU Provinsi mulai kerjakan Ruas Rawak hingga Nanga Taman dengan Program Multy Years Contract

Sekadau - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis pada Kamis (22/12 ) mencanangkan di mulainya Program Multi Years Contract (MYC) 2016-2017 paket peningkatan struktur jalan dan jembatan Rawak-Nanga Taman-Nanga Mahap, di Kota Kecamatan Nanga. Ia menargetkan progarm itu harus selesai sebelum tahun 2018.

Kegiatan yang berlangsung di halaman kantor camat nanga taman ini di hadiri ratusan warga nanga taman dan sekitarnya juga sejumlah SKPD baik tingkat provinsi maupun pemerintah daerah sekdau.

Menurutnya peningkatan jalan ini menjadi prioritas karena menjadi akses satu-satunya Nanga Mahap menuju Sekadau dengan jarak tempuh sepanjang 34,58 km.“Sebelum berakhirnya jabatan saya 2018, program pengerjaan jalan MYC sudah selesai dan bisa diresmikan,” tegas Gubernur Kalbar.

Untuk pekerjaan peningkatan struktur jalan dan jembatan rawak – nanga taman – nanga mahap ini menggunakan program multi years contract dengan menelan biaya 59.207.423.000 rupiah. Dengan panjang penanganan baik efektif dan fungsional sepanjang 38,425 Km.
 
Selain soal jalan ia juga menyinggung jembatan Teluk Belanga Kecamatan  Nanga Taman yang roboh. Ia meminta agar percepatan pembangunan jembatan segera dilakukan sebab hingga sekarang belum tampak adanya perbaikan.
"Jembatan itu segera dibangun, saya lewat tadi sudah roboh. Minta duitnya, untuk apa ada dewan kalau tidak mau membantu. Ini kan bukan untuk kepentingan saya tapi kepentingan masyarakat semua,” tegasnya.
 
Dan ia mengingatkan agar masyarakat dalam proses perbaikan lancar, Cornelis meminta warga yang rumah atau tanahnya terkena pelebaran jalan, mendukung pembangunan. Jangan ada warga yang menolak atau meminta ganti rugi yang tidak sesuai ketentuan.

“jangan seenaknya berkendaraan ketika jalan sudah mulus sebab bisa mencelakakan diri sendiri dan orang lain”, Tegas Cornelis.

Akses jalan provinsi rawak – nanga taman – nanga mahap itu terbagi dalam tiga ruas. Masing-masing Sekadau Hilir-Rawak, Rawak-Nanga Taman, dan Nanga Taman-Nanga Mahap.

Dari tiga ruas tersebut, ruas Sekadau Hilir-Rawak dalam kondisi baik. Ruas Rawak-Nanga Taman sedang dalam perbaikan dan kondisinya sudah sangat mulus. Sementara yang masih rusak parah adalah ruas Nanga Taman-Nanga Mahap.

Pencanangan ini sendiri di tandai dengan Gubernur didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi  Kalimantan Barat Jakius Sinyor, Bupati Sekadau Rapinus, mengendarai vibro sebagai di mulainya pekerjaan jalan tahun ini.

Bupati Sekadau Rapinus mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Kalbar yang telah membangun Jalan untuk memperlancar akses perekonomian masyarakat empat kecamatan, yakni Nanga Mahap, Nanga Taman, Rawak Hulu, Rawak Hilir.

Media Center Dinas PU. Kalbar