728 x 90

Jembatan Ambawang I Akan Ditutup Sementara

Jembatan Ambawang I Akan Ditutup Sementara
Jembatan Ambawang I Akan Ditutup Sementara

Pontianak- Berdasarkan surat Pengumuman Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, jembatan Ambawang jalan Ya’ M. Sabran akan di tutup total dari tanggal 22 s.d. 28 Desember 2015, dan akan dibuka secara terbatas khusus untuk kendaraan roda 2 dan roda 4 ringan pada tanggal 28 Desember 2015, serta akan dibuka secara umum pada taggal 5 Januari 2015.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat Ir. Jakius Sinyor mengatakan hal sesuai dengan hasil kajian teknis dari Satker PJN I Kalbar bersama dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII terhadap jembatan Ambawang I diatas Sungai Ambawang perbatasan Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat.

“Rapat Koordinasi antara Dinas PU Kalbar, perwakilan SKPD Pemda Kota Pontianak, Pihak Kepolisisan Kalbar, Dishub dan Dinas PU Kabupaten Kubu Raya ini bertujuan untuk mencari solusi bersama, pengalihan atau merekayasa sementara jalur bagi kendaraan mobil yang bermuatan diatas 20 ton”, papar Jakius Selasa (16/12/2015).

Penutupan jembatan Ambawang I tersebut, dikatakan Jakius bukan tampa beralasan. Karena berdasarkan hasil Kajian teknis Satker PJN I Kalbar dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII, menemukan jembatan Ambawang mengalami goyangan yang melewati batas toleransi yang dizinkan.

Setelah dilaksanakan peninjauan lapangan, pengetesan dan pembahasan, maka didapat kesimpulan bahwa goyangan pada jembatan Ambawang 1 telah melampaui batas toleransi, segera dilakukan pembatasan muatan kendaraan, di mana kendaraan pribadi saja yang diijinkan untuk lewat, segera dilaksanakan perbaikan struktur jembatan, Perlu dilaksanakan perhitungan kembali struktur jembatan, ungkap Jakius Sinyor.

Dikatakan Jakius Sinyor perbaikan dan memperkuat struktur jembatan Ambawang 1 saat ini telah dalam tahap pelaksanaan kontrak, yang mana dalam beberapa hari kedepan akan dilaksanakan pengecoran balok Presstress, dan tidak boleh ada getaran. Mengikat pilar-pilar lama jembatan sehingga balok yang baru akan menopang beban secara total.

Dalam rapat koordinasi yang digelar oleh Dinas PU Kalbar tersebut, dihadiri langsung oleh Dirlantas Polda Kalbar, Dishub Kalbar, Dishub Kota Pontianak dan Dinas PU Kabupaten Kubu Raya.

Media Center Dinas PU Kalbar