728 x 90

Jembatan Kapuas I Ikon Kota Pontianak Tidak Tergantikan

Jembatan Kapuas I Ikon Kota Pontianak  Tidak Tergantikan
Jembatan Kapuas I Ikon Kota Pontianak Tidak Tergantikan

Pontianak-Jembatan kapuas I terletak di kota Pontianak dengan panjang 420 meter dan lebar 6 meter. Jembatan kapuas ini merupakan penghubung pusat kota pontianak dengan beberapa Kabupaten lainnya di Provinsi Kalimantan Barat. Jembatan Kapuas I dibangun pada tahun 1980 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1982, jembatan kapuas I yang dibangun menelan dana sebesar Rp 6,06 Miliar ini, pada awalnya difungsikan sebagai jalan tol yang berarti setiap penguna jembatan ini dipungut tarif tol.

Namun karena jembatan ini, diangap sudah menjadi jalur alternatif, maka pungutan tarif tol dihapus pada pertegahaan 1990-an dan jembatan ini bebas dilalui pengendera. Akibat terus meningkatnya volume kendaraan yang melintasi jembatan kapuas I, maka pemerintah mewujudkan pembangunan jembatan kapuas II yang terletak di Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Sempat terjadi peristiwa yang menggemparkan warga Kota Pontianak pada tanggal 30 Agustus 2013 lalu, yakni fender tiang utama jembatan kapuas I ditabrak tongkang pengangkut bauksit, sehingga mengakibatkan bergesernya sambungan jembatan dibagian tengah sekitar 10 cm. Akibat kejadian itu, arus kendaraan terpaksa diblokir dan dialihkan ke jembatan kapuas II di Sungai Raya, Kabuapten Kubu Raya guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan hingga proses pemeriksaan dan perbaikan jembatan selesai.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menampilkan rancangan pembangunan jembatan kapuas III, yang akan menghubungkan tiga Kabupaten di Kalimantan Barat yakni Kabupaten Kubu Raya-Kabupaten Mempawah dan Kota Pontianak, saat expo Indonesia infrastructure Week 2014, 5-7 November di Jakarta Convention Center Jakarta, Senayan, Jakarta pusat waktu yang lalu.

Display jembatan kapuas III itu, ditampilkan pada stand Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat, bersama dengan infrastruktur-infrastruktur yang sedang dan akan dibangun di bumi Khatulistiwa, termasuk pula jalan lingkar luar kota yang akan segera dibangun.

Menurut Kepala Bidang Bina Marga Ir. Anugrah Rachmanto, MT pembangunan jembatan kapuas III tersebut, memakan biaya yang cukup mahal, ujarnya.

Nantinya Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan melakukan pembebasan lahan terlebih dahulu. Rencananya, akan dimulai dan berakhir pada tahun 2015, sehingga pada tahun 2016 sudah bisa dilakukan penancapan tiang pertama untuk pembangunan.

 

Media Center PU Provinsi Kalbar