728 x 90

Komisioner KIP Kalbar Kunjungi Dinas PU

Komisioner KIP Kalbar Kunjungi Dinas PU

Pontianak- Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Kalimantan Barat mengunjungi Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kalbar, Rabu 5 April 2017.

Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) yang melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Provinsi Kalbar ialah dalam rangka melakukan verifikasi dan Klarafikasi keterbukaan informasi di bidang pelayanan publik salah satunya di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di Provinsi Kalbar.

Chatarina Pancer Istiyani salah satu komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Kalbar, mengatakan bahwa Komisi Informasi Publik Kalbar saat ini sedang melakukan pengecekan langsung kelapangan tentang Pelayanan Keterbukaan Informasi Publik di setiap lembaga negara dan SKPD, baik swasta maupun milik pemerintah yang ada di lingkungan Provinsi Kalimantan Barat.

“Berdasarkan amanah Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) bahwa setiap lembaga negara dan SKPD yang ada di daerah khususnya di lingkungan pemerintah Provinsi Kalbar harus menyediakan segala informasi yang menjadi keperluan masyarakat, kecuali bagi informasi yang dirahasiakan dan dapat mengancam keselamatan orang lain, seperti dokumen rahasia, dan disprindik”, jelasnya.

Kepala Sub Bagian Umum dan Aparatur Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Biray SE, menerima kunjungan kerja komisioner KIP Kalbar diruang kerjanya, Biray mengapresiasi langkah yang dilakukan pihak Komisi Informasi Publik Kalbar. Biray menilai langkah tersebut merupakan cara untuk meningkatkan pelayanan publik terutamna di bidang ke PU-an.

“Kami akan memberikan informasi-informasi yang diperlukan oleh seluruh masyarakat, dan langkah ini kami berikan apresiasi yang tinggi kepada pihak Komisi Informasi Publik (KIP) Kalbar”, ungkapnya.

Selanjutnya Biray mengatakan sebagai langkah untuk merespon Undang-undang Nomor 14 Tahun 2014 Tentang Keterbukaan Informasi Publik tersebut, Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kalbar telah membangun Website, dengan mencantumkan alamat websitenya dan dapat diakses oleh semua pihak termasuk masyarakat secara luas melalui alamat websitenya http://pu.kalbarprov.go.id.

Selain menyediakan infrastruktur website, Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kalbar, juga menyediakan Tim Media Center, dengan menempatkan SDM-nya yang mengerti tentang dunia Media massa atau jurnalis. tim media center ini, sebagai tempat untuk memberikan pelayanan informasi dan juga sebagai tempat beraudensi serta mediasi, seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Wartawan dan tokoh masyarakat yang ingin menyampaikan informasi terkait pembangunan di daerahnya masing-masing.

 

Media Center Dinas PU Dan Penataan Ruang Kalbar