728 x 90

Kondisi Jalan Provinsi Kalbar Mencapai 80, 67 Persen

Kondisi Jalan Provinsi Kalbar Mencapai 80, 67 Persen

Gambar: Kondisi Existing Jalan Sisi Selatan Jembatan Tayan 

Pontianak– “Kondisi ruas jalan Provinsi Kalimantan barat sekarang ini, telah mencapai 80,67 persen dalam kondisi mantap”, hal ini, diungkapan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kalimantan barat, Ir Jakius Sinyor di sela-sela menjelaskan rencana pembangunan infrastruktur jalan di kalbar tahun anggaran 2015. Disampaikannya pada saat kedatangan kunjungan dari Komisi C DPRD Kabupaten Landak di Kantor Dinas PU Provinsi Kalbar, Jumat (27/02/2015).

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kalimantan barat Ir. Jakius Sinyor, kondisi sebelumnya jalan Provinsi Kalimantan barat hanya mencapai 75 persen, dan naik sekitar 5 persen lebih dari kondisi sebelumnya hingga mencapai 80, 67 persen dengan kondisi mantap, (27/02/2015).

Jakius melanjutkan, dengan kondisi mantap yang mencapai 80 persen lebih, dapat dipastikan jalan provinsi kalbar, layak untuk dilalui oleh kendaraan umum. Dikatakan jakius untuk anggaran tahun 2015 ini, anggaran juga akan diperuntukan melanjutkan pembangunan yang belum selesai.

“Anggaran tahun 2015 ini, diharapkan dapat menyelesaikan pembangunan jalan provinsi yang belum tuntas, seperti jalan sosok, tayan dan sebagainya.dengan harapan seluruh jalan provinsi di kalbar nantinya dalam kondisi jalan mantap”, papar Jakius.

Jakius menjelaskan dana anggaran tahun 2015 tersebut, juga akan digunakan untuk membangun poros tengah, seperti ruas jalan Tayan, Sosok Kabupaten Sanggau, melawi hingga menuju perbatasan Provinsi Kalimantan Tengah.

Selain itu, juga akan dibangun poros bagian selatan yang melewati rute jalan Tayan, Nanga Tayap, dan hingga menuju perbatasan kalbar dengan provinsi kalteng. Terhubunganya rute Kalbar dengan Provinsi Kalteng diharapkan mempermudah dalam bertransaksi ekonomi, ujarnya.

Jakius menegaskan, meskipun jalan yang dikelola pemerintah Provinsi Kalbar dalam kondisi mantap, namun jika tidak ditopang oleh jalan kabupaten/Kota, maka akan sia-sia. Karena jalan yang dikelola oleh pemerintah Provinsi kalbar dengan jalan yang dikelola pihak Pemerintah 14 Kabupaten/Kota harus saling bersinergi, tutupnya.

Media Center PU Provinsi Kalbar