728 x 90

Pemda Kalbar Dukung Penuh Peningkatan Jalan Wilayah Perbatasan

Pemda Kalbar Dukung Penuh Peningkatan Jalan Wilayah Perbatasan

Pontianak- Melalui Dinas Pekerjaan Umum, Pemerintah Provinsi Kalbar. Mendukung penuh pembangunan empat lajur jalan wilayah perbatasan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (Kemen PU. PERA RI).

Pembangunan infrastruktur  jalan empat lajur yang akan dibangun di wilayah perbatasan Provinsi Kalbar akan memprioritaskan di tiga titik, yakni Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau,Kecamatan Sajingan Besar (Aruk) Kabupaten Sambas, dan Kecamatan Nanga’ Badau Kabupaten Kapuas Hulu.

Demi mewujudkan pembangunan infrastruktur jalan 4 lajur tersebut, Pemerintah Provinsi Kalbar mendukung proses percepatan pembangunan jalan 4 lajur wilayah perbatasan oleh Dirjen Bina Marga Kementerian PU. PERA RI.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat Ir. Jakius Sinyor secara langsung terjun untuk mensosialisasikan rencana kegiatan pembangunan jalan wilayah perbatasan seperti di empat Kecamatan Kabupaten Sanggau yang akan terkena dampak pembangunan, seperti Kecamatan Kembayan, Kecamatan Beduai, Kecamatan Sekayam dan Kecamatan Entikong pada 3-5 September 2015.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat Ir. Jakius Sinyor tujuan sosialisasi sendiri ialah memberikan informasi dan sekaligus memberikan pemahaman terkait dampak negatif dan positif dari pembangunan infrastruktur jalan 4 lajur.  

“Pembangunan iniakan melewati empat Kecamatan di Kabupaten Sanggau yakni Kecamatan Kembayan, Kecamatan Beduai, Kecamatan Sekayam dan Kecamatan Entikong, kami selaku pemerintah daerah, berkewajiban membantu pemerintah pusat untuk mensosialisasikannya kepada masyarakat, paparnya,” (4/09/2015).

Khusus di wilayah Kecamatan Entikong, pembangunan jalan telah mulai berjalan pengerjaannya. Saat ini kita fokus pada masalah sosial, seperti mengenai pembebasan lahan untuk akses menuju PPLB Entikong yang akan dibangun,” ungkap Jakius.

“Perkiraan sementara ada sekitar 202 rumah yang terkena dampak pembangunan infrastruktur jalan 4 lajur, dari Kembayan hingga Entikong,”
Jakius juga menyinggung untuk pembangunan di PPLB Aruk dan Badau, dikatakannya pembangunan jalan empat lajur dari Aruk-Badau sudah di rancang dari sejak awal, dan pemukimannya tidak banyak seperti di daerah Entikong.

Pada kegiatan sosialisasi, turut di hadiri Wakil Bupati Kabupaten Sanggau Drs. Yohanes Ontot, Msi dan jajaran pemkab Sanggau, serta Kasatker dan PPK dari Dirjen Bina Marga Kementerian PU. PERA RI yang akan mengerjakan jalan Kembayan- Entikong.  

Media Center PU Provinsi Kalbar