728 x 90

Progres Pembangunan Jembatan Bansir Terus Mengalami Peningkatan

Progres Pembangunan Jembatan Bansir Terus Mengalami Peningkatan

Kepala Bidang Bina Marga Ir. Anugrah Rachmanto, MT selaku PPK Jembatan Bansir saat melakukan pemeriksaan rutin lapangan (07/11/2017).

Rapat koordinasi Dinas PUPR Prov Kalbar bersama instansi terkait (28/09/2017).

Pontianak, Progres pembangunan jembatan bansir yang terletak di jalan imam bonjol, Pontianak tahun ini dalam proses pembangunan baru, dimana jembatan bansir yang sudah berumur puluhan tahun ini sudah mengalami kerusakan yang cukup berat pada bagian pondasinya, Dinas Pekerjaan umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Barat melalui Bidang Bina Marga pada tahun 2017 ini menganggarkan pembangunan jembatan bansir kali ini.

Jembatan bansir merupakan jembatan yang di prioritaskan dalam pembangunan jalan dan jembatan ruas provinsi yang berada di kota Pontianak, membutuhkan tenaga ekstra dari semua instansi terkait, baik itu Dinas Perhubungan Pemkot pontianak, Polresta Pontianak dalam hal pengalihan arus lalu lintas ke jalan alternatif.

Dinas perhubungan Kota Pontianak menegaskan “Kami minta pemilik kendaraan tidak menggunakan jalan alternatif yang telah ditentukan di atas, seperti di melalui Jalan Tanjung Harapan, Sungai Raya, atau masuk outer ringroad Sungai Raya dan Perdana," imbuh Utin.

Utin meminta masyarakat memahami keputusan tersebut, karena keadaan ini sifatnya darurat jika tidak dilaksanakan, maka pembangunan Jembatan Bansir tidak akan bisa selesai dalam tahun 2017.

Dia menambahkan, ruas Jalan Ahmad Yani akan jadi muara dan sudah pasti jadi kemacetan. Walau demikian, dia menegaskan kemacetan itu sifatnya bukan permanen tapi hanya sementara saja.

Pada selasa minggu pertama bulan November ini progres pembangunan sudah terlihat signifikan, di segmen pertama lantai jembatan yg sudah di bangun baru sudah bias dilewati kendaraan roda dua, dan pada tahap segmen kedua pembangunan sudah memasuki penancapan tiang pancang, Pengendali Kegiatan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalbar, Sopiandi menuturkan saat ini pelaksanaan jembatan bansir sudah masuk dalam tahapan pemancangan tiang segmen kedua dimana nantinya akan ada Box Culvert yang di letakan di atas tiang pancang tersebut dan memindahkan box yang telah dicetak di workshop untuk dibawa dilokasi pembangunan Jembatan Bansir.

"Kalau sekarang sudah melansir atau memindahkan box yang sudah dicetak di workshop. Sekarang sudah mulai di antar kemudian di susun, setelah disusun kemudian kita akan menyiapkan pengecoran untuk lantai jembatan tahap kedua," terangnya, selasa (07/11/2017)

Kendala alam juga menjadi faktor utama dalam pembangunan jembatan bansir ini, naiknya permukaan air sungai kapuas, yang melintasi parit bansir. Membuat pelaksanaan penancapan tiang pancang jembatan terhambat karena pelaksana harus menunggu kondisi air parit bansir dalam kondisi surut.

Tim Media Center Dinas PUPR Prov. Kalbar